Friday, May 23, 2008

STURISOMA


Sturisoma Panamense mempunyai beberapa nama umum seperti Twig / Whiptail Catfish, Regal / Royal Farlowella Catfish / Whiptail. Bentuk tubuhnya cukup unik, dengan moncong yang meruncing, bentuk tubuh yang panjang dan ekor yang mempunyai cagak yang panjang pula. Ikan ini termasuk jenis mulut penghisap karena mempunyai bentuk mulut seperti penghisap. Seperti jenis mulut penghisap lainnya, Sturisoma ini adalah herbivora yang suka memakan lumut dan tanaman air. Ikan ini menyukai lingkungan yang bertanaman dan berkayu diselingi dengan bebatuan.

Kondisi air harus terawat, bersih dan jernih dengan filtrasi yang baik, karena Sturisoma ini sensitif dengan kondisi air tempat tinggalnya. Karena Sturisoma memiliki bagian tubuh panjang dengan ekor yang panjang, maka dalam penataan dekor (tanaman, kayu, batu) diberikan ruang yang cukup untuknya berdiam diri, baik didasar maupun dikayu (kayu dengan permukaan lebar). Ikan ini akan berkompetisi dengan ikan lainnya (bahkan terhadap jenisnya sendiri) dalam hal memperebutkan makanan dengan cara menggerakkan bagian tubuhnya menyamping atau dengan menggerakkan bagian tubuh belakangnya seperti pecut. Sturisoma hidup berkelompok, walaupun sifat sosial antar sesama jenisnya kurang baik. Sturisoma jantan memiliki rambut yang menyerupai rumput pada sisi kanan dan kiri bagian kepalanya, sedangkan betinanya tidak. Tetapi hal ini baru dapat terlihat apabila sudah berukuran cukup besar, kurang lebih 12 cm (dari ujung ekor sampai kepala).

Apabila ingin dipelihara dengan ikan lain, sebaiknya tidak dipelihara dengan ikan yang suka menggigit sirip ikan lainnya.

1 comment:

Unknown said...

tau petani ikan ini panamense?